Tips Menulis Judul Berita


Kesibukan yang memaksa masyarakat untuk serba instan, mengakibatkan mewabahnya pembaca judul berita. Seorang pembaca akan tertarik membaca berita jika judul berita menarik penyajiannya. Oleh karena itu cerminan dari sebuah berita terletak pada judulnya.

Judul yang menarik bagi pembaca akan menimbulkan rasa ingin tahu. Bagi pembaca setelah melihat judul, namun ternyata judul berita biasa-biasa saja sudah dipatikan pembaca akan meninggalkan berita tersebut walaupun isi yang disajikan sangat menarik. Intinya adalah kita harus mampu mempromosikan naskah lewat judul yang menarik.


Bagaimana membuat judul berita online yang baik?

1. Judul berita dibuat setelah berita tersebut selesai.

Hal ini agar judul berita tersebut dapat mencangkup semua isi berita. Oleh karena itu setelah beres dengan penulisan isi berita, langkah selanjutnya baca berulang kali isi berita tersebut agar kita mendapatkan kata kunci untuk dijadikan judul berita.

2. Judul berita sebaiknya menggunakan kalimat ringkas.

Hal ini agar meminimalisir pemborosan kata atau pemakaian kata yang tidak penting.

3. Judul berita harus menggunakan kalimat lengkap (subyek + predikat).
Hal ini agar masyarakat tidak salah mengartikan maksud dari judul berita tersebut.

4. Judul berita harus SEO Friendly
Hal ini bertujuan membuat judul berita nyambung dengan lead. Jangan sampai judul berita menipu atau tidak ada pengulangan atau penegasan dalam lead.

Dengan demikian, judul berita merupakan nyawa dari isi berita. Meskipun sebagian masyarakat tidak terlalu memperhatikan judul, melainkan isi berita. Akan tetapi lebih baik  judul berita sesuai dengan harapan pembaca. 

Related Post



Posting Komentar