Mengenai Citizen Journalism


Citizen Journalism adalah kegiatan jurnalisme yang dilakukan oleh warga biasa. Warga biasa yang dimaksud adalah orang orang yang tidak berprofesi sebagai wartawan. Media sosial dan blog memudahkan orang-orang menjadi citizen journalist.

Momen penting bagi perkembangan citizen journalism di dunia adalah ketika kejadian 9/11, rubuhnya menara kembar WTC. Ketika itu, rekaman video amatir yang direkam seorang warga yang kebetulan berada di dekat lokasi menggambarkan detik-detik runtuhnya menara WTC.

Di Indonesia sendiri, citizen journalism unjuk gigi saat banyaknya rekaman video amatir yang disiarkan ketika Aceh dilanda Tsunami pada desember 2004. Hampir semua stasiun televisi menggunakan rekaman video amatir sebagai bahan penunjang berita.

Terlepas dari kelenihan citizen journalism yang aktualitasnya terkadang melebihi media resmi, citizen journalism juga memiliki kekurangan. Para penulis citizen journalism terkadang mengabaikan kode etik jurnalistik dan keakuratan fakta. Mungkin karena mereka terburu-buru supaya bisa bersaing dengan media besar.

Related Post



Posting Komentar